BEKERJA DI TPI

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu pilar penting dalam menjalankan perusahaan. Melalui SDM yang tangguh itulah akan lahir inovasi-inovasi terdepan yang pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi keberlangsungan perusahaan.

Dalam dunia perasuransian di Indonesia, pengembangan bakat dan keahlian SDM menjadi sangat penting mengingat karakteristik bisnis asuransi yang cukup unik. Regulator pun merasa perlu mengeluarkan rambu-rambu khusus yang mengatur pengembangan sumber daya manusia dan ketersediaan tenaga ahli di setiap perusahaan asuransi.

PT Tugu Pratama Indonesia (TPI) memahami bahwa pengembangan SDM menjadi ujung tombak dan syarat mutlak untuk bertahan dan berkembang dalam kondisi pasar yang dinamis. Untuk itu, TPI berkomitmen untuk terus menyelenggarakan aktivitas yang terkait dengan pengembangan SDM dan memfasilitasi serta mendorong para karyawan untuk mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Fokus pengembangan SDM yang dilakukan TPI terketak pada pengembangan soft skilss dan hard skills. Pengembangan soft skills mencakup kompetensi manajerial dan leadership ESQ (emotional spiritual quatient), motivasi, dan problem solving. Sedangkan, pengembangan hard skills lebih menitikberatkan aspek keterampilan teknis di bidang asuransi dan non asuransi, serta sharing knowledge diantara para karyawan.

Selain itu, sebagai bentuk implementasi investasi pendidikan SDM, TPI senantiasa mengirimkan para karyawannya untuk mengikuti seminar ataupun workshop yang diselenggarakan di dalam maupun luar negeri. Untuk itu, TPI memiliki anggaran khusus yang nilainya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan meningkatnya kebutuhan pengembangan SDM. Dalam hal ini, TPI juga berupaya untuk selalu mematuhi ketentuan pengalokasian minimal 5% biaya pegawai untuk biaya pengembangan SDM.

Guna mencapai optimalisasi fungsi pengembangan SDM, TPI menjalin kerja sama dengan sejumlah institusi pendidikan, baik dalam maupun luar negeri. Di dalam negeri, TPI menggandeng lembaga pendidikan seperti Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Lembaga Pendidikan Asuransi Indonesia (LPAI), Jakarta Insurance Institute (JII), Prasetya Mulya, PPM, dsb. Sementara itu, penyelenggaraan program pendidikan di luar negeri dilakukan melalui kerja sama dengan Chartered Insurance Institute (CII) di London, dan Malaysia Insurance Institute (MII) di Kuala Lumpur.