Profil Direksi

Muhammad Syahid

Direktur Keuangan & Jasa Korporat

Muhammad Syahid adalah warga negara Indonesia, lahir di Surakarta, 13 Juli 1963. Beliau adalah sarjana lulusan Universitas Gadjah Mada Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntasi, selanjutnya beliau melanjutkan studinya di Universitas Indonesia dan meraih gelar Magister Manajemen (MM).

Pada tahun 1990 Syahid memulai karir di PT Pertamina (Persero) dan menduduki berbagai jabatan, antara lain Manajer Anggaran, dan Cash Disbursement Management Manager. Pada tahun 2011 beliau dipercaya menjadi Vice President (VP) Management Accounting selama 3 tahun sebelum beliau ditempatkan menjadi VP Subsidiary & Joint Venture Management pada tahun 2014 – 2015. Di samping itu, pada bulan Juli 2012 hingga Juni 2015 beliau dipercaya sebagai Komisaris PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Keberhasilan Syahid di PT Pertamina (Persero), membuatnya dipercaya untuk mengemban amanat menjadi Direktur Keuangan & Jasa Korporat di PT Tugu Pratama Indonesia efektif sejak tanggal 18 Agustus 2015. Syahid juga mengikuti berbagai seminar dan pelatihan di luar bidang keuangan dan Program Leadership (seperti: Pertamina-INSEAD Global Executive Development Program).

Sigit Suciptoyono

Direktur Pemasaran Migas

Sigit Suciptoyono adalah Warga Negara Indonesia, lahir di Bandung, 2 Juli 1955. Beliau memulai karirnya di TPI sebagai staff underwriting di awal tahun 1982. Antara tahun 1988 dan 2013, beliau memegang beberapa posisi strategis di TPI, dengan jabatan terakhir adalah Group Head Pemasaran. Sejak 14 Maret 2013, beliau menjabat sebagai Direktur Pemasaran di TPI hingga 13 Maret 2017, dan per tanggal 16 Juni 2017 beliau dipercaya untuk menduduki posisi baru sebagai Direktur Pemasaran Migas.

Beliau memegang gelar Sarjana Ekonomi dan pernah mengikuti beberapa kursus asuransi di luar negeri, seperti Manila, Hongkong dan London.Kompetensi yang mumpuni di bidang underwriting dan marketing, pengalaman, pengetahuan dan social network-nya yang baik menjadi modal baginya untuk dapat dipercaya menjadi Direktur Teknik di PT Asuransi Staco Mandiri (sebelumnya PT. Staco Jasa Pratama, General Insurance) pada tahun 2006-2008. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama di PT Tugu Reasuransi Indonesia dan Komisaris PT Reasuransi Maipark Indonesia.

USMANSHAH

Direktur Pemasaran Non Migas

Usmanshah adalah warga Negara Indonesia, lahir di Jakarta pada 17 Februari 1961. Beliau mengawali karirnya di TPI sebagai karyawan investasi di awal tahun 1989. Selama tahun 1992-2008, beliau memegang beberapa jabatan strategis di TPI, dengan jabatan terakhir sebagai Group Head Treasury. Ia sempat beralih tugas di lingkungan bisnis TUGU Group selama 9 tahun terakhir, yaitu menjabat sebagai Direktur Keuangan (2008-2014) dan Komisaris (2014-2016) PT Asuransi Samsung Tugu hingga menjabat sebagai Direktur PT Tugu Pratama Interindo sejak Juli 2014 sampai dengan Juni 2017. Sejak 16 Juni 2017, beliau dipercaya menduduki posisi baru sebagai Direktur Pemasaran Non Migas PT Tugu Pratama Indonesia.

Beliau lulus sebagai Sarjana Administrasi Niaga dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia di tahun 1988, dan meraih Magister Manajemen dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 2000. Beliau aktif mengikuti beberapa pelatihan dan seminar, seperti pelatihan Manajemen Risiko Perusahaan Perasuransian dengan Kualifikasi Penerapan Analisis Risiko Perusahaan Perasuransian yang Sangat Kompleks untuk Peningkatan Kinerja Perusahaan (Utama) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Manajemen Risiko Perusahaan Perasuransian Tingkat 5 dari AAMAI, Offshore Risks and Risk Management Workshop dari Paris Re, Marsh dan TPI, Workshop Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah dan UU Tindak Pidana Pencucian Uang dari PPATK dan BAPEPAM LK, dan sebagainya.

Andy Samuel

Direktur Teknik

Warga negara Indonesia, kelahiran 18 April 1973. Beliau menjabat sebagai Direktur Teknik TPI sejak 2015. Beliau mengawali karirnya di beberapa perusahaan asuransi, seperti di PT Asuransi Tokio Marine Indonesia di tahun 2000, PT Asuransi AIU Indonesia tahun 2001, hingga PT AIG Insurance Indonesia (Chartis Insurance Indonesia) di tahun 2015.

Pria yang pernah menduduki posisi sebagai Direktur di PT AIG Insurance Indonesia selama 5 tahun ini adalah lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia tahun 1997 dan Jurusan Asuransi di Glasgow Caledonian University Scotland, Inggris, di tahun 1999.

Beliau juga mengikuti berbagai pelatihan dan seminar untuk mendukung posisinya di bidang perasuransian, seperti Risk and Insurance Management for Financial Institutions, Workshop – Director dan Officer Liability and Professional Indemnity, Construction Roadshow, Manajemen Risiko, serta pelatihan lainnya.