MISI CSR

“Membangun Kepercayaan dengan Peningkatan Citra Perusahaan”

KEBIJAKAN CSR

Berdasarkan Pasal 74 Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, perusahaan wajib menyelenggarakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (corporate social responsibility/CSR). Dengan demikian, perusahaan memiliki kewajiban untuk menganggarkan dan memperhitungkan aktivitas CSR sebagai biaya perusahaan dan pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

PT Tugu Pratama Indonesia (TPI) memahami bahwa aktivitas CSR ini bukan semata-semata kewajiban untuk tunduk pada peraturan perundangan yang berlaku, namun lebih kepada upaya perusahaan dalam memberikan manfaat yang optimal bagi keberlangsungan hidup masyarakat sekitar dan lingkungan. Bagi TPI, pelaksanaan CSR juga menjadi bagian penting upaya perusahaan untuk mengawal dan menjamin keberlangsungan usaha, sekaligus mewujudkan visi menjadi perusahaan asuransi dan manajemen risiko terkemuka berkelas dunia.

Sejak 2004, penanggung jawab atas serangkaian aktivitas CSR yang dilakukan perusahaan dipegang oleh divisi Corporate Secretary Group. Adapun misi CSR yang dipegang perusahaan yakni “Membangun Kepercayaan dengan Peningkatan Citra Perusahaan”.

Sebagai bentuk komitmen terhadap kemajuan masyarakat dan lingkungan, TPI telah menyiapkan anggaran khusus yang mendukung pelaksanaan program CSR. Pada 2012, TPI menyiapkan dana sebesar Rp600 juta untuk pelaksanaan aktivitas CSR di beberapa titik. Dana untuk kegiatan ini selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Secara garis besar, aktivitas CSR yang diselenggarakan TPI mencakup lima bidang, yaitu:

Bidang lingkungan hidup

Aktivitas CSR di bidang lingkungan hidup bertujuan untuk mengurangi efek negatif dari kegiatan manusia yang bersifat merusak. Upaya yang dilakukan antara lain dengan melakukan penanaman pohon, pembuatan sumur resapan, dan pengadaan sarana kebersihan bagi masyarakat sekitar kantor perusahaan atau di daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan CSR.

Bidang ketenagakerjaan

Sebagai aset penting dalam struktur organisasi perusahaan, TPI selalu berupaya menjamin kesejahteraan karyawan, menjunjung tinggi hak, dan membuka peluang peningkatan jenjang pendidikan bagi karyawan.

Bidang kemasyarakatan

Bersama dengan PT Pertamina (Persero) sebagai induk usaha, TPI memberikan sumbangan berupa sarana ibadah kepada Yayasan An-Najam Rabbani. Perusahaan juga memfasilitasi pembangunan yang digunakan sebagai sarana belajar mengajar di Kampung Tugu Cipeureu, Hegarmanah, Sukabumi, Jawa Barat. Selain itu, sejak tahun 2008, TPI memberikan kesempatan magang kepada anak-anak kurang mampu yang bersekolah di STIMRA.

Bidang tanggung jawab konsumen

Sebagai bagian dari upaya memenuhi kebutuhan nasabah, TPI memberikan informasi mengenai produk dan layanan yang dimiliki secara terperinci. Informasi tersebut dapat diakses melalui situs resmi perusahaan di www.tugu.com.

Bidang pemuda, olahraga, dan nasionalisme

Aktivitas CSR yang dilakukan di bidang ini antara lain keterlibatan perusahaan sebagai penanggung risiko atas kegiatan pendakian tujuh puncak dunia (seven summits expedition 2010 – 2012). Selain itu, TPI juga menjamin penuh kegiatan Asian Beach Game di Bali dan turnamen kempo Pra Sea Games 2011.

Downlod Kebijakan CSR